Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Syntax_Xlookup.png

Hi Kliners ... apa itu XLOOKUP?

"X"-nya boleh diartikan Extreme ... yaa extreme lookup. Lebih ekstrim dari VLOOKUP.

Bisa dikatakan lebih powerfull dari family LOOKUP karena ia dapat mewakili fungsi dari LOOKUP, VLOOKUP dan HLOOKUP. Benar ia bisa bekerja searah vertikal juga bekerja searah horizontal. Bagi yang pernah mencoba atau masih bekerja dengan formula gabungan antara INDEX dan MATCH saat ini anda dapat mencoba XLOOKUP. Hmmm ... seketika anda akan jatuh hati pada formula baru ini. Anda akan bilang WOW sesaat karena formula ini bisa melakukan pekerjaan yang tentunya sama dengan formula index dan match yaitu pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh VLOOKUP, yaitu tengok data ke kiri. Jika anda baru menyukai excel baru baru ini, mungkin tidak akan mendapatkan sensasinya dibanding anda yang sudah merasakan suka dan duka bersama excel. Anda yang telah bekerja dengan excel sejak versi 97 kemudian excel 2000 dan excel 2007 tanpa putus ... akan sangat merasakan sensasi luar biasanya. Ekstrim!

Formula ini lahir dan terinstall di komputer anda belum lama ini, saya saja baru menyadari formula ini mampir di ruang kerja saya sejak 2020 walaupun dirilis oleh microsoft sebelum tahun itu. Yaa saya menandai rumus dahsyat ini lahir di masa pandemic Coronavirus (COVID-19). Saya sebagai pecinta excel bertambah menikmati kerja di rumah terhibur karena kehadiran rumus termuda dan tersakti abad ini. Sejak itu saya hampir lupakan vlookup ... loh koq curcol yaa. Namun keberadaan vlookup tidak sepenuhnya digantikkan oleh xlookup tetap kesaktian vlookup ada yang tidak tergantikan, saya akan bahas nanti di tulisan yang lain.