Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

MATCH

Rumus ini banyak dicari orang. Boleh jadi saat ini anda sedang hidup bergelimang rumus ampuh atau beberapa mega formula yang dapat membuat tercengang mertua anda ... tapi tanpa rumus satu ini berasa hidup bersama excel menjadi kurang lengkap ... seperti sarapan nasi uduk anda pagi ini tanpa bawang goreng dan kerupuk.

Hi semua ... Semangat pagi dan sukses selalu

Bagi yang baru mengenal excel pagi ini, silakan buka dulu vlookup sebelum memulai tema ini.

Jika anda sudah bangga karena menguasai rumus VLOOKUP anda rugi ... yaa anda tidak beruntung. Karena apa? Masih banyak rumus lain yang mirip, nyaris sama dalam kegunaannya. Rumus untuk mendapatkan teks atau bilangan yang anda cari di dalam sebuah list beraturan yang dapat menggantikan VLOOKUP adalah INDEX lebih tepatnya INDEX dan MATCH dan ini sudah umum guys. Yang tidak umum adalah SUMIFS, OFFSET ... untuk ini kami bahas di tema terpisah yaa.

Syntax INDEX pertama =INDEX(ListYangMana,LetaknyaDimana) terdiri dari dua syarat atau argumen rumus ini

  • ListData
  • baris atau kolom (sesuai dimensi ListData itu sendiri)

Ini syntax aslinya =INDEX(Array,Row_num)

 index1

 Gambar diatas adalah contoh penggunaan rumus untuk mencari sebuah teks dengan cara penentuan ListData C3:F3 dengan argumen letak adalah 2. Karena list berbentuk horisontal atau mendatar 2 disini adalah letak baris ke-2 (kedua)

Syntax INDEX kedua  =INDEX(ListData,BarisKeberapa,KolomKeberapa)
yang ini terdiri List yg dipilih, letak baris dan terakhir kolom

ini yang aslinya =INDEX(Array,Row_num,ColumnRow)

 index2

 Gambar diatas adalah contoh penggunaan rumus untuk mencari sebuah teks dengan cara penentuan ListData C3:C6 dengan argumen letak adalah 3. Karena list berbentuk menurun atau vertikal 3 disini adalah letak kolom ke-3 (ketiga)

Index3

Contoh ketiga ini berbeda dari yang sebelumnya dimana anda harus menentukan tiga argumen yaitu

  • ListData
  • Baris dan
  • Kolom.

Baris dan kolom ditentukan masing-masing. Hasil dari rumus diatas dimana pencarian data pada range C3:E6, mengarah kepada baris ke-2 dan kolom ke-3 yaitu Diesel Storage

Menginjak INDEX dan MATCH, dibawah terdapat tiga contoh penggunaannya. Seblum lebih jauh silakan baca kembali fungsi rumus MATCH.
MATCH pada rumus ini bertugas menuliskan baris, bedanya dengan rumus sebelumnya adalah angka untuk baris ditulis tidak manual

Index4 rev3

  • Pertama,
    =INDEX(C4:E10,MATCH(C13,C4:C10,0),2) ---> rumus dengan argumen code IW hasilkan discipline Instrument Work
    rumus ini mirip dengan hasil fungsi VLOOKUP, yaitu melirik data yang ada disebelah kanan
  • Kedua,
    =INDEX(C4:E10,MATCH(C17,E4:E10,0),2) ---> rumus dengan argumen subcont PT. PPS hasilkan discipline Piping Work rumus ini tidak bisa dihasilkan fungsi VLOOKUP karena rumus ini melirik data yang ada disebelah kiri
  • Ketiga,
    =INDEX(C4:E10,MATCH(C21,D4:D10,0),2) ---> sama dengan rumus kedua, dengan argumen discipline Structure Work hasilkan code STR yang ada disebelah kirinya.

 Kesimpulan:

VLOOKUP, adalah rumus siap pakai yang disediakan excel, simple dan hanya bisa lirik kanan
INDEX dan MATCH, adalah rumus kombinasi/ gabungan, sedikit njelimet namun bisa lirik kanan dan lirik kiri

 

Untuk bahan latihan kami sediakan dengan link ini: https://goo.gl/tNmGPw

Sekian, semoga bermanfaat. Selamat beraktifitas

 

Salam Excel

Ardo