Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Baca dulu

Hi Kliners,

Menyambung bahasan vlookup terdahulu, di tutorial singkat ini mari kita perdalam bersama fungsi dai vlookup. Dibawah akan dijelaskan penggunaan range lookup sesuai sintaksis lengkapnya dari vlookup adalah (lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup). Apa itu range lookup? Ya, bisa dikatakan penentu keakuratan pencarian nilai yang kita cari pada table array. Gambar berikut contoh dari ragam penggunaan rumus vlookup dimana contoh pertama merupakan pengulangan bahasan subjek ini sebelumnya dan contoh kedua merupakan pengembangannya. Range lookup mulai dari contoh ketiga dst.

Vlookup2

Karena yang ini "=VLOOKUP(D2,A2:B6,1)" sudah dibahas pada vlookup#1 maka, mari kita mulai dari contoh kedua diatas! Sudah siapkah?

Ok, pertama. "=VLOOKUP(D3,A2:B6,2)" dimana pada sintaksis ini table array-nya yaitu A2:B6. Lebar table array dipersiapkan untuk fungsi col_index_num. Pada contoh ini kita coba menangkap value pada kolom sebelah kanannya deret angka diatas. Angka 2 adalah mewakili col_index_num sehingga rumus jika diterjemakan adalah sbb:

mencari/ lookup value pada cell D3 (2.5) dengan area pencarian/ table array A2:B6 dan menangkap value dengan col_index_num 2 (kedua) dari table array tsb

hasil: "dua"

 

Kedua, "=VLOOKUP(D4,A2:B6,2,FALSE)" pada rumus ini vlookup sudah dilengkapi dengan range lookup. Seperti di vlookup#1 range lookup bisa diartikan penentu keakuratan pencarian nilai yang kita cari. Untuk terjemahan rumus ini sbb:

mencari/ lookup value pada cell D4 (2.5) dengan area pencarian/ table array A2:B6 dan menangkap value dengan col_index_num 2 (kedua) dari table array tsb dengan pencarian yang tepat/ akurat. Jika tidak ditemukan yang sama tepat maka value error #N/A akan dituliskan.

hasil: "#N/A"

 

Ketiga, "=VLOOKUP(D5,A2:B6,2,TRUE)" ... yang ini hasilnya sama dengan rumus pertama diatas.

Penjelasan range lookup:

TRUE = jika tidak ditemukan yang sama maka akan dituliskan value yang terdekat, hasil bisa jadi tidak benar.

FALSE= jika tidak ditemukan yang sama maka akan dituliskan value error #N/A

Untuk menguji kembali coba tukar posisi value A2 "2" dengan A6 "5", bagaimana hasilnya?

 

Keempat, "=VLOOKUP(D6,A2:B6,2,FALSE)" dengan value pada cell D3 (2) maka :

mencari/ lookup value pada cell D6 (2) dengan area pencarian/ table array A2:B6 dan menangkap value dengan col_index_num 2 (kedua) dari table array tsb dengan pencarian yang tepat/ akurat. Jika tidak ditemukan yang sama tepat maka value error #N/A akan dituliskan.

hasil: "dua"

 

Semoga bermanfaat.

Salam Excel



By: rohaendi_00 On: Saturday, 29 March 2014

saya coba dari data yag jumlah rownya sedikit sebagai kunci untuk diambil dari data yg jumlah rownya banyak dgn tujuan untuk melengkapi yg data sedikit tsb. tapi gak bisa jawabnya #na gitu. gimana caranya

terima kasih

By: ardo On: Saturday, 07 June 2014

Mas Rohaendi mohon kirim file ke email kami ... semoga kami memberikan solusinya.

By: Dh2205 On: Saturday, 27 September 2014

Malam Bang, Saya mau tanya gimana cara baca data pakek Vlookup tapi yg di baca adalah kolom 1, selama ini rata2 Vlookup ngebaca kolom 2 dst. Tolong bantuannya bang.

By: ardo On: Sunday, 28 September 2014

Malam, yaa bisa gunakan kolom pertama ... Untuk tujuan contoh mencari text atau bilangan kemudian menulis kembali text atau bilangan yang dicari tersebut.