Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Salam hangat

Kadang anda hadapi problem dengan copy paste value rumus tapi hanya di beberapa cell dan range tertenu saja, sedangkan rumus rumus pada cell atau range lainnya sengaja anda harus biarkan mengandung rumus.
Gambar dibawah ini contoh sebuah tabel rekap pembelian dan pemesanan buku

Copas value Special 1

dimana yang berwarna pink itu berumus VLOOKUP dan terhubung ke sheet atau file lain, sedangkan yang blue adalah rumus SUM. Contoh kasus adalah anda diminta untuk copy paste value untuk rumus VLOOKUP saja sedangkan rumus SUM dibiarkan hidup.
 
Solusi untuk case diatas umumnya anda akan melakukan copas di area pink saja, ya ngga?
Langkah anda sudah tepat.

Nah pertanyaannya jika tabel rekap untuk jenis atau buku yang banyak bagaimana? Yaitu tabel rekap yang berderet kebawah hingga sebut aja ribuan row ... pasti anda akan berpikir berkali-kali untuk cara simple nya.

Seperti biasa, solusi dibawah ini untuk anda yang biasa tidak mau repot dan biasa ingin cepat dalam bekerja disaat bertemu case semacam ini.

Triknya adalah:
1.    Arahkan pada satu cell sembarang  dan lakukan Find and Replace (Ctrl+H) atau pilih menu Home, pilih Find & Select kemudian pilih Replace All (Alt+A)


 Copas value Special 2

2.    Tulis =SUM pada kotak atas dan x=SUM pada kotak bawahnya

Copas value Special 3

3.    dan tekan tombol Replace All (Alt+A)
pada step ini anda telah mengubah rumus menjadi text contoh pada cell C12 rumus =SUM(C5:C11) berubah menjadi bukan rumus atau text x=SUM(C5:C11) ... ini bisa saya namai "jurus pelemah rumus"

Copas value Special 4

4.    Kemudian masuk langkah copas value yang anda sudah ketahui, Blok semua kolom yang mengandung rumus VLOOKUP … dari kolom C:N kemudian copy dan paste special value.

Semua rumus VLOOKUP telah rontok hilang berganti value dan tidak akan kembali lagi ... bye bye

5.    Selanjutnya sebagai finalisasi, arahkan pada satu cell sembarang lagi dan lakukan kebalikan dari langkah pertama Find and Replace seperti gambar dibawah

Copas value Special 5

dan tekan tombol Replace All ...

Saat ini anda akan mendapatkan rumus SUM kembali hidup atau berfungsi.

Langkah ini kita bisa namai bersama jurus pembangkit rumus dimana pada langkah sebelumnya rumus SUM dilemahkan sementara.

Mudah bukan?


Catatan Penting:
- Untuk lakukan Find and Replace harus dan wajib dilakukan di satu cell atau pada range tertentu yang menjadi target
+ Kenapa?
- Karena dengan satu cell dampaknya luas karena pencariannya, menyeluruh ke semua cell yang ada pada sheet tersebut, tidak terbatas. Atau anda memang batasi di beberapa kolom saja jika anda lakukan blok pada kolom yg anda inginkan.


Ok sekian trik singkat pada pekan ini ... ingat dua jurus diatas, semoga berguna dan selamat beraktifitas.

untuk yang ingin praktek klik link file nya: https://goo.gl/bAPMPo

Salam Excel

 

Ardo