Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Perhitungan Standar Deviasi, Variansi, Analisa Regresi, Distribusi Normal, dan konsep perhitungan statistik lainnya dapat diakses melalui fungsi yang terdapat dalam Microsoft Excel.

Penggunaan fungsi yang berhubungan dengan statistik tentunya harus didukung oleh pemahaman yang cukup kuat dalam ilmu statistik sehingga penggunaan fungsi tersebut tidak menyimpang dari perhitungan sebenarnya. Dibandingkan dengan program aplikasi lain, proses perhitungan fungsi statistik dalam Microsoft Excel bisa lebih cepat karena adanya fasilitas range sel yang bisa menampung sejumlah data.

Gak perlu ribet dulu deh. Kita mulai dengan:

Menghitung Sel Berisi Karakter

Fungsi COUNT dan COUNTA

Kedua fungsi diatas, digunakan untuk menghitung sel yang berisi Angka. Perbedaannya, fungsi COUNTA tidak hanya menghitung sel yang berisi Angka, namun dapat juga menghitung sel yang berisi karakter apapun.

Sintaks:

COUNT(Nilai1, Nilai2, ...)

COUNTA(Nilai1, Nilai2, ...)

Nilai1, Nilai2, … : Argumen 1 sampai 30 yang menunjukkan nilai yang akan dihitung. Contoh: formula COUNT(A1:C4) menghitung sel A1 sampai C4, formula COUNT(A1:C4, 23) menghitung sel A1 sampai C4 dan nilai 23.

Contoh:

Ketik data pada sel A1:B4.

Pada sel C2:CD3, ketik formula untuk fungsi COUNT dan COUNTA, kemudian tekan <Enter>.

count-counta1

Formula COUNT(A1:B4) menghitung jumlah sel yang terdiri dari bilangan yaitu sel B2 dan B3.

Formula COUNTA(A1:B4) menghitung jumlah sel yang terdiri dari bilangan dan teks kecuali sel B4

 

Dari : Trik Pemrograman Microsoft Excel, Oleh Ir Pamungkas