Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Sering kali kita bertanya pada diri sendiri, harus mulai dari mana ya, untuk belajar Macro dan VBA Excel..?

Karena terlalu sering bertanya, akhirnya bingung dan malas untuk memulai. Padahal, hal pertama yang harus dilakukan bila ingin mempelajari Macro dan VBA Excel adalah “Mulai mencoba”. Nah, biar tidak bingung dan terlalu bertanya-tanya, berikut adalah tips-tips bila ingin belajar Macro dan VBA Excel.

1. Mulailah dengan sebuah project kecil.

Ini adalah langkah yang terpenting. Jangan berfikir muluk-muluk dulu, tapi lebih baik jika kita memiliki sebuah project macro kecil-kecilan namun sukses dan bermanfaat.

2. Gunakan “Record Macro”..!

 

1record-macro

Excel memiliki tool yang mengagumkan yaitu “Record Macro”. Tool ini akan merekam semua hal yang kita lakukan diexcel. Bahkan scrolling window excel pun akan terekam. Dengan record macro, kita bisa merekam langkah-langkah yang membosankan cukup sekali saja dan selanjutnya kita dapat mengulanginya dengan macro.

Semua hasil rekaman, bisa kita lihat di VB Editor.

2record-macro002

Dan selanjutnya, kita bisa melakukan editing terhadap hasil rekaman kita.  Bila kita sering lupa akan command VBA, maka cara ini adalah yang paling mudah.

3record-macro003

3. Gunakan tombol F1 atau Help..

 

4record-macro004

Jangan ragu menggunakan fasilistas Help. Kita bisa mendapatkan semua hal disini. Kita juga bisa mendapatkan contoh-contoh program yang sangat membantu.

4. Jangan ragu bertanya pada Om Google..

 

5record-macro005

Semua hal bisa kita dapatkan disini.. Sekali lagi, semua hal.. Cuma butuh 1 modal saja..! Sabar, tekun dan teliti..!

Nah, itu adalah tips untuk belajar Macro dan VBA Excel..

So? Masih bingung untuk memulai belajar Macro Excel? Ayolah..



By: Guest On: Sunday, 15 January 2012

betul mas, kebanyakan mikir tanpa ada ilmu malah kebelinger,. pengennya banyak tapi ga ada action, keliling cari ilmu tanpa praktek ujungnya ga satupun di coba.

minta do'a dan ilmunya mungkin mulai sekarang saya akan stay tuned di sini . mudah mudahan bisa ya,,,,

saya guru honorer di SD banyak kerjaan yang berhubungan dengan Office. mohon bimbingannya... terimakasih sebelumnya. semoga tuhan memabalas kebaikannya kang Admin.

Amiiin

By: ardo On: Saturday, 21 January 2012

Amiiiin .....

Mari sama sama mengikat ilmu kita dengan berbagi

@rdh