Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Dear Sdra/i Alfi Layla,

Terima kasih masih setia bergabung dengan kami klinikexcel.

Agar menjadi manfaat bagi yang lain kami jawab email pertanyaan saudari pada page ini yaa ... :)

 

Soalannya seperti pada gambar dibawah kurang lebih seperti ini:

"Diminta cara atau rumus excel untuk mengetahui kode (angka) guru dalam sebuah jadwal pelajaran yang dalam satu waktu ada dua kali (atau lebih)"

 

Pemecahan dibawah dengan ketentuan dan kondisi:

Satu orang guru dapat mengajar dengan mata pelajaran lebih dari satu mata pelajaran, namun mata pelajaran yang sama bisa saja berlangsung pada waktu yang sama atau berbarengan di dua  kelas karena guru yang mengajar dua guru yang berbeda.  

Frequency1

 

Soal yang persis sejenis dengan ini dapat dipecahkan dengan Conditional Formatting Duplicate seperti pada Project Sample 

Daily MenuGambar contoh duplicate untuk seluruh row data

Namun cara ini belum tepat jika dilakukan dengan cara conditional general pada semua row karena kontrol duplicate akan bekerja tidak hanya berlaku pada satu row saja tapi berefek pada row lainnya seperti gambar diatas ini. (cara 1 dibawah). Cara lain Conditional Formatting Duplicate yaitu dengan cara menentukkan format masing-masing pada setiap barisnya baris (cara 2).

Bandingkan Conditional Formatting Duplicate dengan dua cara yang berbeda.

Cara Pertama:

Frequency3Gambar Cara 1

 

Frequency3.1

Gambar hasil Cara 1

Contoh hasil Conditional Formatting Duplicate bekerja tidak pada satu baris terhadap mata pelajaran Fisika pada cell G12 dan O13 karena Duplicate cara 1 ini bekerja tidak pada row tapi range, yaitu range C11:T16 

 

Cara kedua

Frequency4Gambar Cara 2

 

Frequency4.1

Gambar hasil Cara 2

 

Berbeda dengan hasil cara 1, cara 2 ini Conditional Formatting Duplicate bekerja hanya pada row saja. Obyek yang sama mata pelajaran Fisika pada cell G12 dan O13 hasil Conditional Formatting Duplicate tidak bekerja karena Duplicate hanya berlaku pada value atau angka (kode) dalam satu baris saja.

Kembali ke laptop, ... Conditional Formatting Duplicate belum tepat untuk soal pemecahan soal diatas yang diminta yaitu menandai hanya kode guru saja ... mata pelajaran dilarang ikut-ikutan.

Jurus penyelesaiannya adalah, dengan tulis formula dibawah ... mohon praktekkan pada kolom keterangan Kode Guru Double atau duplikat

U11: =IF(FREQUENCY(D11:T11,D11:T11)>1,D11,IF(FREQUENCY(F11:T11,F11:T11)>1,F11,IF(FREQUENCY(H11:T11,H11:T11)>1,H11,IF(FREQUENCY(J11:T11,J11:T11)>1,

J11,IF(FREQUENCY(L11:T11,L11:T11)>1,L11,IF(FREQUENCY(N11:T11,N11:T11)>1,N11,IF(FREQUENCY(P11:T11,P11:T11)>1,P11,IF(FREQUENCY(R11:T11,R11:T11)>1,R11,"nihil"))))))))

Frequency2

 

Hasilnya akan ditampilkan angka salah satu kode double paling sebelah kiri dan akan menulis "nihil" jika tidak satupun yang double, sama atau duplikat.

Pada formula ini pengulangan formula IF akan terjadi sebanyak n-1 dan  n = jumlah kolom kode guru (sebanyak 9 kode). Jika ada 12 kelas dan kode guru akan sebanyak itu maka  IF sebanyak 12 - 1 = 11. Formula ini mendeteksi nilai yang banyak muncul atau lebih dari satu kali (kode double) bergerak mulai dari kolom kode paling kiri ke kanan. Tapi Formula ini anda dapat modifikasi terbalik bergerak mulai dari kanan ke arah kiri.

 

Selamat mencoba wabilkhusus untuk Sdra/i Alfi Layla, terima kasih

 

Salam Excel