Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

Hi Kliners, apa itu Vlookup?

Vlookup adalah jurus kembangan dari jurus dasarnya ialah rumus Lookup, yang fungsinya mencari data yang kita inginkan dan menulis kembali. Prinsip kerjanya adalah menemukan value yang sama persis dan cocok akurat dengan apa yang kita cari dari suatu kumpulan data teratur dalam tabel kolom atau row.Vlookup dengan sintaksis VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup) dimana berfungsi pencarian pada tabel dengan vertikal berkolom sedangkan Hlookup dengan sintaksis HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,range_lookup) adalah pencarian kepada data yang mendatar berbaris atau horisontaal. Kami berikan contoh penerapan vlookup dibawah dengan type pencarian sama persis.

vlookup1

Ditulis rumus pada cell E2 "=vlookup(D2,A2:A6,1)" jika kita urai satu persatu menjadi sbb:

D2 sebagai lookup value-nya dengan nilai value 2.5 (dua koma lima)

A2:A6 sebagai table array-nya

1 sebagai angka colom index, artinya hasil pencarian akan ditampilkan dari kolom kesatu atau pertama

hasil dari rumus tersebut : 2

Penjelasan:

Rumus diatas tidak dilengkapi dengan range lookup dengan tujuan mencari data sama persis bukan cocok akurat. Range lookup ini adalah penentu keakuratan pencarian nilai yang kita cari dan jika rumus tanpa range look up akan bekerja mencari angka terdekat dibawahnya dan berhenti ketika menemukannya. Hal ini hanya bekerja untuk data number, tidak untuk data berupa text.

Cobalah menukar value pada dua cell yaitu value cell A2 dengan value cell A6 (yaitu menukar 2 menjadi 5 dan 5 menjadi 2)! Bagaimana hasil dari rumus di cell E2, berubah apa tetap angka 2 yang ditampilkan?

Selamat Mencoba!

Salam Smart