Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Sedikit tips untuk temani anda nikmati kesehatan anda hari ini …

Kaitannya dengan data yang rahasia, atau data yang tidak harus orang lain untuk mengetahuinya, atau mungkin sekedar untuk kepentingan print out pada data sheet anda.  Hide atau menyembunyikan kolom dan baris adalah pilihan tepat untuk solusi nya, betul tidak ?

Jika ya, saya sepaham dengan anda.

Namun jika pada data sheet anda begitu banyak kolom atau baris yang harus disembunyikan (hide), maka anda akan kesulitan dan disibukkan karena acap kali anda harus blok kolom atau baris dan klik kanan dan pilih hide atau unhide … tul ga ?

Pernahkah anda lihat file dengan button + “plus” atau – “minus” seperti gambar dibawah.

group0

Pada excel, ada fasilitas yang memudahkan anda untuk meng-hide dan unhide hanya dengan menekan tombol plus atau minus yang terletak pada header kolom atau header row dengan satu langkah …

Namanya faslitas “Group”.

Coba deh … !

1. Blok area pada kolom atau row yang akan anda sembunyikan
2. Klik data pada menu bar
3. Pilih Group and Outline
4. Klik Group

Jika langkah – langkah tersebut sudah dilakukan, anda akan mendapatkan simbol yang seperti pada gambar pertama diatas yang fungsinya untuk hidden / unhidden cells dengan cepat.

Semoga membantu

(dari millis  [IA-14179] [nanya] excel , 9 Dec 2010)

Note: thanks Novan …


Tags data group