Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Baca dulu

Hi teman, semoga klinikexcel masih bermanfaat bagi anda sekalian.

Dibawah adalah contoh formula untuk menentukan keputusan dalam memilih sesuatu yang paling sedikit dua diantara tiga opsi yang dihadapi. Contoh soal dan penyelesaian kami berikan dengan perumpamaan yang mudah.

Ceritanya begini, sebut saja pada zaman kerjaan seorang gadis bangsawan diberikan pilihan dua diantara tiga kriteria calon suaminya. Dia yang berhak mempersuntingnya yaitu seorang pemuda dengan syarat:

a. Prajurit yang memiliki kuda, atau

b. Prajurit yang memiliki zamrud, atau

c. bukan prajurit yang memiliki kuda dan zamrud.

 

Maka jika pengambil keputusan dalam excel akan ditulis seperti ini.

 

Zamrud

Pada cell E3: =IF(OR(AND(B3="Prajurit",C3="Kuda"),AND(B3="Prajurit",D3="Zamrud"),AND(C3="Kuda",D3="Zamrud")),"Ajak Nikah","Cari Yang Lain")

Rumus diatas akan menghasilkan text "Ajak Nikah" jika isi dari cell-cell nya yaitu Prajurit dan (AND) kuda atau (OR) prajurit dan (AND) Zamrud atau (OR) Bukan Prajurit yang memiliki kuda dan (AND) zamrud .

Silakan dipraktekkan, teliti dalam menempatkan OR dan AND -nya.

Anda boleh bereksperimen dengan mengubah atau menukar posisi OR dan AND dalam rumusnya menjadi:

E3: =IF(AND(OR(B3="Prajurit",C3="Kuda"),OR(B3="Prajurit",D3="Zamrud"),OR(C3="Kuda",D3="Zamrud")),"Ajak Nikah","Cari Yang Lain")

Apa yang anda temukan? 

Email saja hasil eksperimennya ke: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Semoga bermanfaat.

Salam Excel

 


Tags if OR AND