Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Baca dulu

DATEDIF 1

Ditentukan tanggal 1 Agustus 2016 agar setiap ketua POSYANDU setempat diminta menyerahkan data balita yang ada di wilayah masing-masing oleh Dinas Kesehatan untuk program Kesehatan Ibu dan anak tahun ini. Data pada gambar diatas kurang detail, tertulis hanya menyebut usia dalam tahun saja padahal data yang diminta adalah dalam tahun, bulan dan hari.

DATEDIF 2

Jika formula simple yang biasa anda gunakan adalah cukup dengan tanggal 1 Agustus 2016 dikurangi tgl lahir bayi kemudian dibagi 365 (hari) seperti gambar kedua diatas, dimana rumusnya dibawah ini

=($B$2-C5)/365

Maka dibawah adalah formula untuk data detail yang diminta dengan menggunakan kombinasi fungsi DATEDIF dengan syntax DATEDIF(start_date,end_date,unit)

DATEDIF 3

Ketikkan formula kombinasi pada D5:

=DATEDIF(C5,$B$2,"y")&" tahun "&DATEDIF(C5,$B$2,"ym")&" bulan "&DATEDIF(C5,$B$2,"md")&" hari"

Hasilnya detailnya ambil satu contoh, Aljabbar berusia belum genap satu tahun yaitu usianya 6 bulan 28 hari pada saat tanggal 1 Agustus 2016 ketika data tersebut diserahkan.

Semoga bermanfaat

Salam Excel

Artikel sejenis