Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

Baca dulu

Row 1

Gbr.1

Kolom Nomor adalah barisan angka didalamnya yang hampir selalu disertakan dalam penyajian data berupa list. Angka-angka tersebut bukan hanya sebagai identitas data pada kolom disebelahnya juga dapat berfungsi sebagai informasi jumlah data yang terdapat pada list atau hanya sekedar nomor urut saja. Kolom penomoran ini bisa berisi angka dari yang kecil ke yang besar, abjad dari A hingga Z ataupun penggabungan angka dan abjad. Pada tutorial ini kami membahas penomoran angka dengan menggunakan formula dan menu Conditional Formatting.

Jurus satu

Row 2

Gbr.2

Nomor akan berubah susunan jika anda melakukan editing data dalam list berupa insert row, insert copied cell, delete row, sorting data ascending (Sort A-Z) atau descending (Sort Z-A). Sehingga anda akan merubah kembali penomoran diakhir editing baik dengan ketik manual dari angka 1 (satu) dan seterusnya atau dengan cara Auto Fill Series. Ini akan berulang setiap editing selesai dilakukan.

Row 3

Gbr.3

Solusi untuk penomoran untuk list seperti pada gambar adalah dengan menggunakan formula dengan langkah sbb:

  1. Dengan posisikan cell aktif di A3 dan ketik formula: =row()-2
  2. Copy paste ke baris dibawahnya hingga cell A22
  3. Penomoran yang dihasilkan adalah mulai dari 1 hingga 20

Formula ini hanya berlaku untuk penomoran dimulai dari cell A3, jika contoh dimulai dari A4 maka angka pengurangnya menjadi 3 (tiga) karena A3 adalah row/ baris ke-3 (ketiga) dan A4 adalah baris ke-4 (keempat). Nah sekarang anda tidak perlu khawatir nomor akan selalu urut.

 

tersedia youtube video tutorial

.be">klik disini

File untuk latihan dapat diakses di link ini: https://goo.gl/srsWpJ

 

Semoga bermanfaat

Salam Excel

Artikel sejenis