Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Hi pemuda pemudi rekan excel klinik, sudah pernah dengar DATEDIF ?

Dalam menghitung hari atau mengetahui selisih hari di antara dua tanggal dengan excel anda mungkin lakukan adalah dengan cara mengurangkan salah satu tanggal dalam cell dengan tanggal pada cell lainnya. Kedua, dalam menghitung bulan di antara dua tanggal anda akan lakukan hal yang sama diatas dengan disertakan angka pembagi 30 (tiga puluh) karena logikanya dalam satu bulan rata-rata ada 30 hari setiap bulannya, ya gak? Atau dengan angka pembagi 365 untuk menghasilkan jumlah tahun.

Salah satu rumus yang tepat untuk itu adalah dengan menggunakan rumus DATEDIF. Rumus ini tidak akan anda temukan pada menu help excel karena rumus ini disediakan oleh Lotus 1-2-3. Fungsi ini menghasilkan angka bilangan bulat bukan desimal, tidak seperti hasil hitung bulan dan hitung tahun diatas. Syntax-nya rumus ini DATEDIF(start_date,end_date,unit).  Start_date untuk tanggal awal, end_date untuk tanggal akhir dan unit untuk type perhitungan yang dikehendaki. Dibawah adalah beberapa contoh fungsi kerja rumus ini berikut perbandingan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus excel sendiri pada kotak terpisah sebelah kanan.

datedif

Perbedaan menonjol diatas ada pada hitung bulan. Ini terjadi karena sampel tanggal dengan rentang yang jauh yaitu 28 Oktober 1928 dan 28 Oktober 2015. Perbedaan lainnya adalah rumus DATEDIF terbilang sederhana sementara rumus gabungan rumit dan membutuhkan effort lebih dalam penulisannya.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

 

Salam Excel

sumpah-pemuda

Artikel sejenis