Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

Halo semua..
Tahukah kalian bahwa cara paling cepat menggunakan Excel adalah dengan Keyboard dan bukan Mouse?

Hal tersebut karena ada yang namanya tombol ShortCut atau tombol Pintas. Jadi, alih-alih kalian menggerakkan Mouse, klik sana dan klik sini, ternyata lebih cepat jika jemari kalian menekan tombol-tombol Keyboard. Dan ternyata, hampir semua perintah-perintah pada Excel memiliki tombol ShortCut.

Memang sih, jika belum terbiasa, akan jadi lebih lama. Tapi jika sudah menjadi kebiasaan akan jauh lebih cepat. Sangat cepat hingga bisa membuat kagum orang-orang di sekitar kalian layaknya, sulap!
Bayangkan ketika seseorang belajar mengetik 10 jari. Rasanya sangat lama, jauh lebih lama dibandingkan dengan cara 11 jari a.k.a menggunakan 2 jari telunjuk. Tapi coba lagi beberapa lama kemudian. Ketika sudah terbiasa, mengetik dengan 10 jari akan seperti layaknya superman sedang menulis novel. Wusss Wusss..

Tombol Shortcut adalah kombinasi beberapa tombol keyboard. Namun jika sudah hapal, kalian bisa mengetiknya tanpa melihat dengan sangat cepat. Misalkan ketika kalian ingin membuat Filter, cukup tekan tombol ALT + D kemudian dilanjutkan dengan F kemudian F lagi.

Tentu yang paling populer adalah CTRL + C untuk Copy dan CTRL + V untuk Paste.

Oke, saya tahu sebagian kalian sudah kenal dengan Shortcut ini dan kalian kesini karena ingin mendapatkan contekan Shortcut Excel Lengkap. Nah.. Itu juga yang ingin saya sampaikan lewat tulisan ini.

Sebenarnya, Excel sudah memberikan contekan Shortcut pada program Excel. Catatan: saya menggunakan Excel 365/2016, namun sepertinya ini juga berlaku untuk Excel 2013 dan 2010.

Untuk melihat contekan, setelah membuka sebuah workbook Excel, kalian cukup tekan ALT. Maka akan muncul contekan huruf shortcut.

shortcut1

Setelah itu, tekan huruf sesuai perintah yang diinginkan. Sebagai contoh, coba tekan A.

Dan akan muncul shortcut pada menu Data. Mari kita coba tekan T.

shortcut2

Dan.., rangkaian shortcut tadi akan menjalankan Filter seperti pada gambar di bawah.

shortcut3

Kalau kita percepat, maka kombinasi tombol keyboard-nya adalah: ALT - A - T yaitu untuk membuat Filter.

Loh! Tadi katanya ALT + D F F...??!

Oh iya.. Lupa ngasih tahu kalau itu adalah Shortcut versi lama. Tapi keduanya bisa dipakai kok.

Oke, sampai sini dulu, semoga bermanfaat..