Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

Salam Excel

Yaa, solusi ini banyak dicari orang ... yaitu menjumlahkan sejumlah angka atau beberapa nilai dengan embel-embel satuan dibelakangnya. Seperti kilogram (kg), piece (pc), unit atau satuan lainnya.

Yang dilakukan oleh kebanyakan adalah dengan membuat kolom lain terpisah untuk kolom satuan tersendiri karena memang angka dan satuan dalam satu cell akan bersifat text  (dan ini tidak bisa dijumlahkan), kemudian untuk tampilan mungkin anda percantik dengan pengaturan border sehingga hasil print out bilangan dan satuan nampak dalam satu kotak.

Ga salah juga sih dengan pemisahan bilangan dan satuannya seperti diatas. Namun excel mempunyai menu untuk mengurangi double work  tersebut hanya agar laporan keuangan atau laporan stok material anda tampil angka lengkap dengan satuannya.

Baik, kami sebut cara berikut ini adalah jurus “kilogram custom format” untuk mencobanya anda dapat ikuti langkah-langkah dibawah:

1. buka lembar baru pada excel

2. select cell A1 dan klik kanan dan pilih format cell …

3. kemudian pilih Number dan klik custom pada kotak Category:

4. dan pada kotak Type: akan tertulis General kemudian ketikkan tanpa menghapus tulisan General menjadi : General “kg”

5. lalu klik OK, kemudian kembali ke cell A1, copy dan paste di cell B1 dan tuliskan angka sesuai yang dikehendaki pada kedua cell tersebut. Kemudian coba menjumlahkan angka angka tersebut dengan rumus.

6. Yaa ... selamat! Sekarang excel anda telah menghadirkan bilangan lengkap dengan satuannya dimana keduanya dapat dijumlahkan dengan menggunakan rumus.

 

Semoga Bermanfaat.

Saran dan masukan membangun sangat kami tunggu, terimakasih.

Salam Excel