Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Baca dulu

Jurus empat

Jurus ini kembali menggunakan trik formula. Trik ini adalah kelanjutan dari Jurus tiga. Jurus keempat ini membuat nomor urut pada data yang memiliki baris kosong sebagai pemisah data diatas dengan dibawahnya.

Jurus 4 1

Pada gambar diatas nomor berubah tidak berurut ketika hadir baris baru yang kosong. Trik tidak lagi menggunakan fungsi ROW() lagi tapi dengan formula COUNTA. Langkah-langkah untuk praktek sebagai berikut:

  1. Insert baris diantara dua data yang sudah ditulis
  2. Tuliskan formula pada cell A3: =IF(B3<>"",COUNTA($B$3:B3),"") … langkah kedua ini bisa dibalik dengan langkah pertama diatas
  3. Salin dan tempel formula diatas pada cell dibawahnya

Jurus 4 2

Gambar kedua ini adalah formula gagal karena anda kehilangan karakter dollar ($) pada rumus yang anda ketik. Dollar ini adalah fungsi cell absolut. Apa itu absolut? Yaa … pada tutorial lain kami akan sampaikan penggunaannya.

Namun formula anda benar hasilnya akan seperti pada gambar dibawah jika persis formula ditulis termasuk dollar-nya

Jurus 4 3

Kemudian jika anda mengulangi langkah insert row satu atau lebih pada tabel ... formula tetap akan menghasilkan nomor urut sesuai value disebelahnya.

Jurus 4 4

File untuk latihan dapat diakses di link ini: https://goo.gl/srsWpJ

Semoga bermanfaat

Salam Excel