Ada pertanyaan? Masuk ke Forum atau klik di sini..!

requestHalo, Pembaca Klinik Excel.. Bantu kami tetap online yuk..

Jika artikel-artikel kami dirasa memberikan manfaat, mohon bantu kami agar website ini tetap online ya.. Caranya gampang, cukup klik iklan yang tampil aja kok.. Terima kasih sebelumnya dan do'a kan agar kami dapat terus menulis artikel yang bermanfaat..

Selamat Berjumpa Kembali

 

Kali ini kami akan sharing tool kecil sebagai contoh project dari katering yang memerlukan tool sederhana untuk pemesanan menu katering selama bulan puasa. File terlampir untuk diunduh.

Katering memerlukan file excel yang akan di share kepada pelanggan untuk kemudian diisi pesanan-pesanan. File ini diminta ada tiga lembar jenis yaitu sebuah sheet berisikan daftar menu kemudian sheet menu per harinya dan yang ketiga adalah sheet pesanan. Dua sheet pertama adalah dibawah kontrol katering ... ini berarti diperlakukan dalam ter-protect saat dibagikan dan yang ketiga ter-protect sebagian karena sheet akan diisi sesuai yang diinginkan pelanggan. Ter-protect sebagian berarti beberapa cell tanpa protect yaitu cell nama pemesan pada kolom pemesan dan semua cell untuk pengisiian jumlah banyak pesanan.

Baiklah, ... yang diatas merupakan ketentuan dalam tool tersebut yang diminta pihak katering kepada kami. Dibawah adalah contoh screenshoot format yang pernah dilakukannya pada Ramadhan tahun lalu. Oh ya, katering ini melayani pesanan karyawati kantoran dimana pesanan akan diterima di kantor dan kemudian akan dibawa pulang ke rumah masing-masing sebagai menu tambahan ataupun menu lengkap untuk meringankan pekerjaan menyiapkan makan keluarga selepas aktivitas di kantor. Pesanan/ komunikasi kepada katering akan lewat satu pintu ... yaitu dibutuhkan satu orang untuk membantu mengkordinir pesanan dari rekan-rekan kantornya.

index

Dari gambar diatas terlihat sbb:

  1. Pesanan variatif tiap pemesan
  2. Paket Tajil terpisah dari lauk/ Catering/ menu utama
  3. Harga Tajil dan lauk terpisah
  4. Pesanan tiap hari terkumpul dalam satu lembar (pada gambar pesanan 22-Jun dan 23 Jun)

Solusi yang diberikan adalah sbb:

  • Tool disediakan dropdown untuk di klik kecuali nama pemesan, ini memudahkan pengisiaan lembar pesanan tentunya agar diupayakan tidak mengganggu jam kerja kordinator dalam aktivitas kerjanya
  • Tool disediakan semudah mungkin sehingga file ini mengakomodir keempat hal diatas serta dapat dengan mudah difahami bukan saja oleh kordinator tapi juga oleh pemesannya langsung jika pemesan diperlukan mengisi pesanan sendiri
  • Tool dilengkapi petunjuk cara pengisiian
  • Diberikan Protection sheet untuk menjaga perubahan struktur file beserta rumus di dalamnya

List Menugambar Daftar Menu

Daftar Menu kami sediakan dalam tabel dari menu Format as Table. Warna warna pada baris tidak akan tertukar atau tetap dengan kondisi selang seling saat dilakukan ascending atau descending. Cara nya yaitu dengan blok list hasil pengetikan tanpa warna kemudian pilih Toolbar Home > menu Format as Table dan pilih jenis Light, medium atau Dark sesuai keinginan. Seperti gambar penjelas dibawah.

Format as Table

 

Daily Menu gambar Menu Harian

Menu harian ini di-maintain oleh Katering untuk kemudahannya kami sediakan dropdown dari Data Validation dan kontrol ganda yaitu warna putih untuk unique atau belum terpilih di menu hari yang lain, hanya hari itu saja (contoh: IKAN BAKAR hanya di tanggal 7 Juni saja di hari lain tidak) dan orange untuk duplicate atau berulang di hari yang lain (contoh: KOLAK PISANG dipilih sebagai tajil untuk tgl 8 Juni dan 22 Juni).

 

Ordergambar Lembar Pesanan

Lembar pesanan ini hanya dibutuhkan tiga langkah saja yaitu:

  1. Menentukan tanggal menu sesuai Menu Harian yang telah ditentukan. MENU pada range B5:B10 link terhadap Menu Harian sehingga menu ter-display di lembar ini tanpa harus membuka Menu Harian untuk menentukan pilihan.
  2. Ketik nama jika diperlukan, ketik banyak pesanan ... untuk Nasi Box disediakan pilihan karena sesuai variasi LAUK yang dipilih. Pesanan NASI BOX dengan pilihan LAUK 1 atau LAUK 2, untuk kolom LAUK 1 & LAUK 2 diperkenankan memesan dalam ukuran 1/2 porsi karena contoh 1 porsi ayam goreng adalah 1 ekor ayam dalam 4 potong selanjutnya untuk harga langsung dikalkulasi pada kolom jumlah kecuali SAMBEL.
  3. Print screen Lembaran pesanan ini kemudian dikirim kepada pihak katering via WA atau BBM.

Pembaca bisa bandingkan antara gambar pertama diatas sebagai sample dari pemesan dengan gambar terakhir diatas. Tak ketinggalan, kami sediakan juga Long Text dari penggabungan angka-angka jumlah banyak pesanan yang dipilih. Bagaimana, apakah lebih simple?

Silakan kirim ke email kami jika anda dapat memberikan solusi yang lain ... :)

 

Semoga bermanfaat

 

Salam klinikexcel

@rdo

Download Silahkan login untuk download


0
By: exceldahsyat On: Friday, 08 May 2020

halo salam kenal,

apakah filenya ada dibuat macronya? dengan dorp down list dan gambar ketika di click

contohnya dari gambar 1, di buta tombol dengan judul "menu" di dalam sheet "List" ketika di click akan muncul userform dengan 5 (karena ada 5 kategori) listbox lalu ketika pelanggan mengclik salah satu menunya didalam salah satu kategori, misalkan kategori 1 "Lauk" didalam listboxnya tertera semua lauknya lalu ketika di click salah satu lauknya maka dibawah listboxnya dimunculin foto lauknya, 

saya kasih contoh 1 userform dari menu dengan 2 kolom lauk dan pendamping

  Contoh Menu